Minggu, 11 Desember 2011

Merah Putih Vocaloid

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia...Vocapost mengeluarkan album Vocaloid, Merah Putih Vocaloid






Album ini berisi delapan buah lagu wajib dan patriotis Indonesia yang dinyanyikan oleh Vocaloid. Bila menggunakan aransemen lagu yang biasa kita dengar, tentu akan sedikit membosankan. Oleh karena itu, para produser mengaransemen ulang lagu-lagu tersebut sesuai dengan keahlian mereka sehingga di album ini terdapat gaya musik yang berbeda-beda. Ada lagu berirama Latin (“Rayuan Pulau Kelapa”), lagu dengan elemen musik electro (“Tanah Airku”) dan bahkan lagu chiptune (“Berkibarlah Benderaku”).
Bagaimana dengan kualitas album ini? Mari kita mulai dari yang paling penting, yaitu suara Vocaloid. Karena semua lagu berbahasa Indonesia, kita perlu memaklumi pelafalan Vocaloid yang kurang alami. Walau begitu, aku merasa pemrosesan suara Vocaloid di album ini lebih bagus ketimbang di album lalu. Suara mesin Vocaloid tidak terlalu mencolok di album ini.
Karena bait lagu wajib lebih pendek dibandingkan dengan lagu pop, lagu-lagu di album ini memiliki interludeyang banyak. Para produser berhasil menggunakan bagian interlude itu untuk memamerkan kemampuan mereka mengaransemen musik. Aransemen yang menurutku paling menarik adalah aransemen lagu “Padamu Negeri”. Di antara tiap iterasi bait, produser menampilkan musik khas daerah-daerah di Indonesia antara lain musik gamelan dan musik khas daerah Sumatera. Satu lagu yang mungkin kurang mudah didengar adalah “Indonesia Pusaka”. Aransemennya terdengar acak-acakan, tapi karena aneh bila ada lagu acak-acakan di antara lagu-lagu rapi, aku tidak akan berprasangka buruk. Aku menganggap lagu itu sebagai karya eksperimental dan produser mau mengungkapkan sesuatu melalui aransemen acak itu.
Sebagai kesimpulan, album ini patut untuk disimak, tidak hanya sebagai album yang berisi lagu-lagu indah, tapi juga sebagai contoh mengadaptasi budaya orang lain sebagai sarana untuk mencintai budaya diri sendiri.
Album bisa didengar melalui streaming di halaman resmi Sound Cloud mereka. Di situ juga terletak informasi tentang alamat pengunduhan album. Sedikit peringatan, ukuran album cukup besar, sekitar 87 MB.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar